Makanan dan Kesehatan


Makanan dan Kesehatan
Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh, seperti zat tenaga  (karbohidrat dan lemak), zat pembangun (protein), dan zat pengatur (mineral, vitamin dan air).
1. Karbohidrat

Merupakan sumber energi utama tubuh, karbohidrat dapat berupa zat tepung (amilum) yang terkandung dalam nasi, gandum dan umbi, atau dapat pula berupa glukosa yang rasanya manis, seperti gula, madu dan buah.



2. Protein

Merupakan zat pembangun karena berfungsi membentul sel-sel tubuh dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani, misalnya daging, ikan, telur dan susu. Protein yang berasal dari tumbuhan disebut protein nabati, misalnya tempe dan tahu.
3. Lemak

Lemak merupakan zat makanan yang dapat berfungsi sebagai sumber cadangan energi bagi tubuh bila tidak menerima asupan karbohidrat. Lemak juga berfungsi sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K, juga melindungi organ tubuh.



4. Vitamin

Vitamin penting bagi tubuh. Vitamin yang dibutuhkan tubuh yaitu vitamin A, B, C, D, E dan K. Sayur dan buah merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin.

Kekurangan vitamin dapat menyebabkan gangguan kerja tubuh. 
  • Kekurangan vitamin A menyebabkan Rabun pada mata, kuli kasar dan bersisik, serta menurunnya daya tahan tubuh
  • Kekurangan vitamin B, menyebabkan penyakit beri-beri, anemia
  • Kekurangan vitamin C mengakibatkan perdarahan pada gusi, sariawan, bibir pecah-pecah
  • Kekurangan vitamin D  kumengakibatkan penyakit tulang(rakhitis dan osteoporosis) dan gigi mudah tanggal dari gusi
  • Kekurangan vitamin E mengakbatkan kemandulan dan kulit  terlihat keriput pada usia muda
  • Kekurangan vitamin K mengakibatkan darah sulit membeku, dan bisa berakibat anemia
5. Mineral
Mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit, yaitu:

  • Zat Besi, dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin, yaitu zat yang mengikat oksigen dalam darah. Kekurangan zat besi bisa berakibat anemia atau kurang darah.
  • Kalsium dan Fosfor, dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Susu dan keju banyak mengandung kalsium dan fosfor
  • Yodium, berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kekurangan yodium bisa menyebabkan penyakit gondok dan kelainan pertumbuhan (kekerdilan)
6. Air

Air berfungsi sebagai pelarut zat makanan. Air juga berperan dalam menjaga suhu tubuh dan melancarkan pencernaan. Dalam sehari kita dianjurkan meminum air putih 2 sampai 2,5 liter atau setara dengan 8 -10 gelas.
Kebutuhan akan air putih disesuaikan dengan usia seseorang. Pada bayi dibutuhkan air sekitar 80%. anak-anak dan dewasa 60%, serta di usia lanjut membutuhkan 50% dari berat badan. Jika tubuh kekurangan air dapat menyebabkan menurunnya konsentrasi, kulit menjadi kering dan kusam, infeksi kandung kemih dan gangguan fungsi ginjal.
Share:

No comments:

Post a Comment